Pecinta Kuliner Wajib Menikmati Makanan Khas Pontianak Ini

Kamis, 24 Mei 2018 - 17:22 WIB
Pecinta Kuliner Wajib Menikmati Makanan Khas Pontianak Ini
Pecinta Kuliner Wajib Menikmati Makanan Khas Pontianak Ini
A A A
BAGI Anda yang tengah berkunjung ke Pontianak, jangan lupa memasukkan wisata kuliner dalam to do list Anda. Kota yang dilewati garis khatulistiwa 0° ini memiliki ragam kuliner yang jarang ditemui di tempat lain. Pengaruh Cina, Melayu, dan Jawa cukup tercermin dalam setiap sajiannya. Tak heran, menikmati kuliner Pontianak pasti memberikan pengalaman unik bagi Anda.

Meskipun demikian, bagi Anda yang tidak mengonsumsi makanan non-halal, harus sering bertanya pada pemandu atau penjual makanan. Ada banyak makanan non-halal dijual di sini.

Jangan khawatir, masih banyak makanan khas Pontianak yang bisa Anda nikmati dan dijamin halal tentunya. Selain itu, tempat wisata di Pontianakjuga banyak. Jadi, Anda tetap bisa berwisata nyaman sambil berburu kuliner halal di Pontianak.

Makanan Khas Pontianak
Ragam kuliner Pontianak menghadirkan berbagai rasa, mulai dari asin, manis, sampai rasa pedas. Dominasi budaya Cina sangat kental dalam berbagai hidangan, terutama untuk makanan non-halal. Itulah mengapa, bagi mereka yang menikmati makanan non-halal, Pontianak adalah surganya. Anda penasaran makanan apa saja yang masuk daftar wajib kuliner Kota Khatulistiwa ini?

1. Burung Punai
Anda pernah mencoba burung dara goreng? Sudah atau belum, Anda wajib mencicipi burung punai. Mirip dengan burung merpati, burung ini punya paruh berwarna kemerahan dan berbadan hijau. Karena mudah ditemukan di sekitar Mempawah dan Pontianak, burung ini pun populer di kalangan masyarakat setempat. Menyantap burung punai bakar atau goreng adalah cara paling tepat menikmati sajian ini. Tekstur daging yang lembut dan gurih pasti membuat Anda ingin terus memakannya sampai tandas.

2. Bubur Pedas
Ini dia sarapan favorit warga Pontianak. Bubur pedas tampil dengan dominan warna hijau yang ditaburi teri dan kacang goreng sebagai topping-nya. Meski bernama pedas, rasanya ternyata tidaklah pedas. Kata tersebut merujuk pada pelengkap bubur saat disajikan, antara lain kecambah, kangkung, jagung muda, kacang panjang, daging ayam, dan ikan teri. Nasinya berasal dari beras sangrai dicampur parutan kelapa.

3. Kwetiau Apollo
Pontianak identik dengan kwetiau. Salah satu yang wajib Anda coba di sini adalah Kwetiau Apollo. Berdiri sejak tahun 1968, tampilan kedai ini memang tidaklah mewah. Namun, makanan yang sering disebut mie tiau tersebut justru punya cita rasa luar biasa. Favorit pelanggan tentu saja kwetiau siram sapi dan kwetiau goreng. Dimakan hangat-hangat, hmm… lezatnya!

4. Chai Kue Tian
Ini boleh dibilang sebagai jajanan sehat. Berbentuk seperti gyoza, jajanan ini berukuran kecil dengan isian padat. Biasanya chai kue disajikan secara kukus maupun goreng. Isiannya beragam, mulai dari kucai, bengkuang, rebung, kacang, dan talas. Anda akan mudah menemukan jajanan ini di jalan-jalan utama Pontianak.

5. Lek Tau Suan
Kudapan ini lebih lazim ditemui di Singapura dan Cina, tetapi di Pontianak ternyata juga populer. Tampilannya lebih mirip bubur kacang hijau. Warga setempat justru menambahkan potongan cakue sebagai topping bubur ini. Hasilnya, rasa manis bubur kacang hijau berpadu serasi dengan gurih dan garingnya cakue. Kombinasi tekstur yang berbeda ini justru membuat jajanan kaki lima tersebut dicari banyak orang.

Mendengar namanya disebut saja, Anda mulai kelaparan. Lebih baik memang Anda mencicipinya satu per satu. Agar misi kuliner Anda berjalan lancar, carilah hotel murah di Pontianak lewat Airy Rooms . Anda akan memperoleh kamar hotel murah dengan fasilitas lengkap dan terstandar.

Pecinta Kuliner Wajib Menikmati Makanan Khas Pontianak Ini


Mulai dari air minum, perlengkapan mandi, AC, air hangat, tempat tidur bersih, WiFi gratis, hingga TV layar datar. Anda pun bisa tidur nyenyak setelah kekenyangan mencicipi berbagai kuliner khas Pontianak.

Yuk kosongkan perut Anda untuk wisata kuliner di Pontianak! Jangan lupa booking kamar dan tiket pesawat hanya di Airy .
(poe)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4395 seconds (0.1#10.140)